Cara Mengatasi Hp Android Sering Restart Sendiri Dengan Mudah

Jika Anda sedang mengalami Hp android yang sering restart dengan sendirinya tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya, maka dapat dipastikan Anda akan kebingungan dan panik yang tidak karuan. Pada artikel kali ini akan dibahas cara mengatasi Hp android yang sering mengalami restart sendiri dengan mudah.

Hp Android sering restart sendiri meskipun baterai penuh, kemungkinan terjadi jika baterai sudah hampir aus/rusak. Hal ini biasanya diakibatkan oleh beberapa Aplikasi di Hp Android Anda dan hardwere yang sedang mengalami kerusakan.

Kerusakan ini dapat terjadi saat Anda sering menginstal aplikasi secara sembarangan dengan mengambilnya dari sumber yang tidak terpercaya.

Aplikasi yang telah diinstal dapat menjadi penyebab Hp Android Anda
sering mengalami restart dengan sendirinya. Hal ini pun dapat menyebabkan tiba-tiba banyak masalah yang akan muncul, terutama pada hardware Hp Android Anda.


Cara mengatasi Hp Android sering restart sendiri dengan mudah


Berikut beberapa penyebab handphone Android sering restart sendiri


Sesuai dengan pengetahuan Kami, untuk mengetahui masalah yang disebabkan oleh sebuah Hp Android yang berulang kali restart sendiri berikut pemaparannya:

1. Menginstal aplikasi secara sembarangan. Menginstal aplikasi sembarangan baik yang gratisan ataupun berbayar. Biasanya pada beberapa aplikasi memiliki crash. Dengan ketidak-cocokan pada kode APK ini akan menyebabkan kerusakan hardware dan software Hp Android Anda. Itu artinya APK android yang di install tidak cocok dengan sistem di hp android yang Anda miliki.

2. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall di Hp. Setiap orang yang memiliki Hp Android, pasti dia memiliki aplikasi media sosial untuk chatting. Walaupun sudah ada salah satu Aplikasi sosmed namun masih tetap ingin menambah aplikasi sosial mediayang lainnya. Oleh karena itu Anda harus bijaksana ketika Anda ingin menginstal aplikasi apa yang Anda ingin gunakan.

3. Ketahanan baterai yang sudah menurun. Jika Hp Android Anda selalu restart sendiri, harap periksa kualitas baterainya apakah masih dapat digunakan atau sudah rusak/drop. Jika memang baterainya sudah drop, solusinya adalah mengganti dengan yang baru sesuai tipe baterainya . Silahkan membeli toko Accesories Ap terdekat di daerah Anda.

4. Mesin Hp Android Panas. Terjadinya panas yang berlebih biasanya disebabkan oleh banyak aplikasi yang dijalankan. Aplikasi yang berjalan di latar belakang akan menguras lebih banyak baterai Hp Android  Anda sehingga juga membebani RAM dan prosesor.

5. Adanya bagian sistem pada aplikasi Hp android yang tidak berjalan dengan semestinya.

6. Terjadinya kesalahan pada pengaturan sistem Hp android sehingga tidak sesuai dengan fungsinya.
7. Terlalu banyak cache atau berkas sampah yang terdapat di sistem Hp android yang belum anda bersihkan.
8. Lakukan update sistem android ke versi yang lebih baru.
9 Hp android Anda sedang terserang virus yang dapat merusak kinerja sistem android itu sendiri.

10. Beberapa penyebab lainnya sering terjadi yaitu jika Anda sering menggunakan Hp Android dalam jangka waktu yang lama.
 

11 . Usia android yang sudah tua, jika memang sudah tua sebaiknya Hp Android Anda sudah siap dimuseumkan.

Itulah beberapa penyebab Hp Android sering restart sendiri. maka langkah berikutnya adalah untuk menemukan solusi untuk mengatasi Hp Android sering restart sendiri dengan mudah.
 

Berikut tips cara mengatasi Hp Android sering restart sendiri dengan mudah:

1. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan. Menghapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan jika Anda tidak terlalu membutuhkannya. Sebagai contoh, ada APK media sosial yang terlalu banyak memrlukan memori penyimpanan dan membuat penuh tetapi Anda tidak terlalu membutuhkannya.

2. Menginstal game yang ringan. Bukan hanya aplikasi Sosial media saja yang diperhatikan, bahkan permainan yang Anda install pun juga dapat mengakibatkan Hp Android sering restart sendiri bahkan mati total.

3. Periksa aplikasi yang diinstal pada Hp Android Anda, apakah itu sebuah aplikasi yang  telah lama tarinstall atau aplikasi baru terinstall. Mungkin ada aplikasi tua yang perlu diperbaharui/update atau Anda baru saja menginstal aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem Hp Android Anda.
4. Unroot android. Uninstall rooted pada sistem Hp Android yang merupakan penyebab utama dari Android sering restart dengan sendirinya. Oleh karena itu Anda harus unroot Hp Android Anda.

5. Lakukan pemeriksaan pengaturan pada Handphone Android Anda. kemungkinan ada pengaturan yang salah atau tidak benar. Jika hal ini terjadi, silahkan mengembalikannya kembali ke pengaturan asli sistem android agar dapat berjalan dengan normal.

6. Bersihkan cache pada Hp Android. Untuk mmpercepat loading Hp Android Anda, silakan pilih aplikasi mana yang Anda ingin bersihkan cachenya dengan menggunakan aplikasi cache cleaner.

7. Melakukan Factory reset. Jika metode di atas belum mampu memperbaiki Hp Android yang sering restart dengan sendirinya. Mungkin metode ini akan membantu Anda menangani masalah itu. Silahkan mencoba untuk melakukan Factory reset agar semua sampah, dan file yang tidak digunakan akan dihapus semua.

Dengan
Factory reset ini, data yang disimpan pada penyimpanan Handphone semuanya akan hilang. Oleh karena itu, Anda harus membackup ke perangkat lain semua data yang dianggap penting sebelum melakukan Factory reset.



Berikut analisa lebih lanjut mengenai Hp Android Sering mengalami Restart Sendiri

Hp Android Sering mengalami Restart Sendiri disebut "Bootloop"


Bootloop adalah masalah yang biasanya terjadi dalam kegagalan sistem Android perangkat lunak ketika booting. Adapun tanda-tanda dalam bentuk kegagalan untuk memasuki sistem hanya dengan menampilkan logo vendor android Anda berulang kali.

Jika Anda juga mengalami masalah yang demikian, tentu saja Anda tidak perlu terlalu panik. Tidak perlu terlalu terburu-buru untuk membawa Hp Anda ke tukang service Hp. Harap dicatat, bootloop itu sendiri memiliki tiga ciri khas, berikut ini akan dipaparkan contoh dan penjelasannya.


1). Bootloop Ringan: Saat Hp android dihidupkan maka akan stuck atau terjebak dalam boot logo, tetapi biasanya dapat masuk pada tampilan Home, Namun hal ini masih mengalami kejadian bootloop beberapa saat kemudian setelahnya.

Jika Anda sering mengalami masalah boot loop atau stuck di logo boot akan tetapi masih dapat mengakses pada menu Android, cobalah untuk menghapus cache pada Hp atau mengurangi penggunaan aplikasi yang membutuhkan banyak memori  Hp (RAM).

 Karena boot loop ini kemungkinan dapat terjadi karena Hp Android tidak cukup kuat untuk menahan beban loading aplikasi. Hal ini tentu menguras terlalu banyak Memori Hp. Meskipun Anda harus memberikan spare memori setidaknya 50 MB untuk kinerja sistem pada Hp Android.


Jika hal tersebut terjadi lagi, atur ulang android Anda sehingga tampak baru lagi. Dengan masuk ke "pengaturan Cadangkan dan Setel ulang" Reset data pabrik. Jangan lupa untuk mencadangkan data penting di perangkat Hp Android Anda.


b). Bootloop Sedang: Saat Hp android diaktifkan, Anda akan stuck pada logo animasi boot. Akan tetapi masih dapat mengakses CWM menu atau modus pemulihan/recovery.

Pada kejadian bootloop sedang ini. Biasanya terjadi Hp Android akan stuck pada animasi logo dan tidak dapat mengakses menu android. Hal ini disebabkan oleh pengguna sering menganti-ganti sistem Hp android atau sistem recovery, salah satunya adalah rooting.

Pada dasarnya rooting Hp Android dapat mengurangi garansi ponsel itu sendiri. Meskipun pengguna diberikan kebebasan dalam mengakses fitur yang diinginkannya. Tetapi sebenarnya, ini dapat menyebabkan kerusakan sistem Hp android itu sendiri jika kita sembarangan melakukan perubahan penyettingan.

Jika Anda mengalami peristiwa seperti ini, Anda dapat membackup data melalui CWM mode. Setelah itu Anda dapat menginstall custom ROM bawaan pabrik Hp Android menggunakan PC atau laptop. Juga pastikan bahwa Anda menginstal CWM yang cocok dengan jenis Hp Android Anda.

Untuk tutorial Instalasi CWM itu sendiri, Anda dapat melihat cara-caranya di forum atau website yang menyediakan tips tentang menginstal custom ROM.
  

c). Bootloop Berat: Saat Hp android diaktifkan, maka akan berhenti di logo animasi boot, dan tidak dapat mengakses pemulihan/recovery menu atau CWM.

Bootloop ini biasanya terjadi karena pengguna perubahan default ROM atau upgrade Android OS ke versi terbaru tetapi mengalami kegagalan.

Bagaimana mengatasi bootloop yang satu ini tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu menggunakan sebuah Laptop / PC bersama dengan
kabel data untuk melakukan flashing ROM atau setting default bawaan pabrik. Cara lakukan flashing pada setiap Hp android tentu tidak sama semua biasanya berbeda-beda.

Hampir mirip dengan bootloop sedang, jika Anda sebelumnya belum melakukan backup ROM bawaan pabrik Hp Android, maka Anda dapat mendownload melalui forum ataupun website yang menyediakannya. Tetapi juga Anda harus memastikan bahwa custom ROM kompatibel dengan perangkat android Anda.

Dengan terjadinya peristiwa yang serumit seperti itu, tentu saja Anda bisa belajar untuk  tidak seting merubah settingan asli sistem Hp Android. Pada dasarnya, setelah melakukan bootloop jangan sampai Anda ulangi kesalahan yang sama. 

Demikianlah tips Cara Mengatasi Hp Android Sering Restart Sendiri dengan mudah. Semoga dengan mengikuti tips di atas, Hp Android Anda akan segera kembali normal seperti sediakala.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel