7 cara jitu menaikkan harga jual rumah dengan biaya minim

Kemungkinan saat ini Anda sedang ingin menjual rumah, namun calon pembeli hanya menawar dengan harga dibawah harga yang Anda patok. Agar dapat menaikkan nilai jual rumah yang ingin Anda jual sesuai dengan target yang diinginkan, Ada baiknya melakukan 7 cara jitu menaikkan harga jual rumah dengan biaya minim yang akan Saya bahas pada artikel ini.

Sebelum menjual rumah silahkan mempercantik terlebih dahulu rumah Anda meskipun hanya dengan sedikit sentuhan dengan biaya yang minim. Ingat jangan terlalu menyepelehkannya, dikarenakan upaya Anda untuk mempercantik tampilan rumah dapat meningkatkan harga jualnya.

Seperti yang kita ketahui harga tanah beserta bangunannya merupakan yang patokan harga utama. Namun rumah yang penampilannya bersih dan indah  dapat menarik hati calon pembeli dengan sendirinya, maka dengan demikian akan menaikkan harga jual tersebut. Melakukan perbaikan dan merenovasi ulang kondisi rumah tidak selalu harus dengan memakan biaya yang besar. Sebaiknya Anda melakukan renovasi kecil dengan biaya minim dan melakukan beberapa penataan agar dapat menaikkan harga jual rumah. Hal ini disebabkan pada umumnya pemilik rumah yang ingin menjual rumahnya adalah pihak yang sedang membutuhkan uang dengan segera mungkin.

Hanya dengan meluangkan sedikit waktu Anda, dan mengalokasikan sedikit biaya untuk melakukan perbaikan dan pembersihan rumah dapat menaikkan  nilai jualnya dengan cepat dan mempermudah Anda untuk menjualnya.
cara jitu menaikkan harga jual rumah dengan biaya minim

Berikut  7 cara jitu menaikkan harga jual rumah dengan biaya minim


1. Mengecat ulang dinding rumah

Melakukan pengecetan ulang pada dinding dalam dan luar rumah merupakan cara paling mudah dan jitu untuk menaikkan harga jual rumah. Anda dapat melakuak pengecetan seluruh ruangan maupun hanya sebagian ruangan penting saja seperti ruang tamu, kamar utama atau fasad bangunan rumah.

Jika Anda hanya memiliki budget yang minim, sebaiknya fokuskan untuk melakukan pengecatan pada ruang tamu saja. Gunakan warna cerah seperti warna putih agar dapat menutupi permukaan dinding yang memiliki retak serabut.

Mengecat ulang dinding rumah tidaklah memerlukan dana yang besar. Bandingkan rumah Anda sebelum dan setelah melakukan pengecatan. Yang pasti rumah Anda yang dahulunya tampak kusam kini akan terlihat lebih menarik, indah, dan enak dipandang maka calon pembelipun enggan menawar dengan harga yang murah.

2. Menata ulang teras dan halaman depan rumah

Tampak depan sebuah rumah merupakan area yang harus mendapatkan perhatian khusus jika ingin menaikkan harga jual rumah Anda. Dikarenakan tampak depan ini adalah wajah rumah yang akan memberi kesan pertama pada calon pembeli dating mengecek rumah Anda.

Apabila Anda tidak mau melakukan pengecatan ulang pada dinding rumah Anda, maka cukup dengan membersihkan lumut maupun kotoran yang menempel pada teras dan dinding rumah. Apabila pada bagian rampak depan rumah Anda sudah terlihat indah, maka hati calon pembeli pun akan tergoda untuk memilikinya. Susun dan rapikan taman depan rumah agar terlihat indah, dan asri dengan jenis bunga yang cantik. 

Lakukan pembersihan terhadap rumput yang tumbuh liar disekitar pekarangan. Apabila halaman depan rumah Anda tidak memiliki taman, silahkan tambahkan hiasan bunga segar dan indah dipandang di dalam pot pada pintu masuk rumah. Lakukan pengecetan ulang pada pagar halaman depan rumah. Menata ulang teras dan halaman depan rumah akan menambah keindahan rumah Anda serta tips jitu menaikkan harga jual rumah dengan biaya minim. Menata ulang teras dan halaman depan rumah ini dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus menyewa tukang kebunlagi.

3. Atur pencahayaan.

Pengaturan mencahayaan kelihatannya merupakan hal yang sepeleh, namun hai ini jitu menaikkan harga jual rumah Anda dengan biaya yang minim.  Aturlah pencahayaan lampu sedemikian rupa sehingga rumah tampak lebih indah baik di siang hari terlebih saat di malam hari.  

Pengaturan pencahayaan lampu dapat Anda atur sebagai berikut:

a). Pasanglah lampu redup yang dapat mengubah suasana dalam ruangan.
b). Pasanglah celah lubang kaca yang memungkinkan cahaya matahari masuk agar dapat meningkatkan pencahayaan alami dalam rumah uamanya di dapur.
c). Singkirkanlah tirai tebal dan besar yang menutupi cahaya masuk ke dalam rumah.
d). Gantilah bola lampu Anda dengan bola lampu yang hemat energi dengan kapasitas cahaya terang.

4. Memperbaiki lantai

Bagian lantai yang lecet, bernoda, atau tergores sebaiknya Anda ganti dengan motif yang sama. Gantilah karpet yang using dengan karpet baru. Gantilah lantai kayu yang rusak dengan lantai kayu yang sama motifnya. Ganti ubin yang kotor dengan ubin baru. Karena jika lantai tersebut jika tidak di ganti dapat menurunkan harga jual rumah Anda. 

Perbaikan lantai diutamakan pada bagian ruangan dapur dan ruang tamu. Karena Ruang tamu dan ruang dapur merupakan ruangan yang paling diperhatikan oleh kebanyakan calon pembeli.

5. Memperbaiki drainase dan Atap

Perhatikan atap rumah apakah ada yang mengalami kerusakan? Jika rusak dan mengalami kebocoran maupun sudah tampak using maka segera lakukan penggantian. Lakukan perbaikan saluran drainase air yang buntu, sehingga apabila terjadi hujan rumah tak akan tergenang banjir. Dengan memperbaiki drainase dan Atap, maka rumah Anda akan terlihat lebih indah, nyaman, dan tentu saja dapat menaikkan harga jual rumah Anda.

6. Mengecat ulang pintu masuk rumah.

Lakukan pengecatan pada pintu masuk rumah Anda agar warnanya terlihat lebih cerah. Hal ini dikarenakan pintu masuk rumah adalah hal pertama yang dilihat dan dilewati oleh calon pembeli. Dengan melakukan pengecatan ulang pada pintu masuk ini akan memberi kesan pertama yang baik bagi calon pembeli. 

Usahakan akses masuk ke pintu menarik perhatian calon pembeli. Anda dapat menanam bunga atau menyusun pot bunga di sepanjang jalan masuk. Lakukan pemasangan lampu kecil disepanjang akses jalan masuk rumah Anda.

7. Utamakan perbaikan dapur

Utamakanlah perbaikan pada ruangan dapur di bandingkan ruangan lain. Hal ini dikarenakan ruangan dapur merupakan ruangan yang paling penting di dalam rumah yang perlu di perhatikan kebersihannya. Bagian ruangan dapur ini adalah ruangan yang paling banyak diperhatikan oleh kebanyakan calon pembeli utamanya calon pembeli perempuan. Gunakanlah cat dinding  yang mampu menyembunyikan kotoran akibat percikan minyak di dinding dapur sehingga dapat membuat dapur tampak baru dan bersih serta higinis tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Sebagai tambahan, dekorasilah rumah bagian ruang tamu dan kamar tidur agar dapat menaikkan harga jual rumah Anda. tambahkan vas bunga, bantal sofa yang mengusung suatu tema tertentu. Bacalah majalah yang mmbahas tentang dekorasi rumah untuk mendapatkan ispirasi sebelum melakukan dekorasi.

Perlu di ingat saat memasang foto rumah tampilkan sesuai apa adanya agar saat calon pembeli tidak merasa ditipu. Bersihkan rumah Anda sebelum dikunjungi oleh calon pembeli. Perlu diketahui kebanyakan calon pembeli rumah menginginkan rumah yang siap huni. Sehingga mereka tidak angin direpotkan untuk melakukan renovasi dan perbaikan saat mereka telah membelinya.

Bagi Anda yang berencana menjual rumah, sebaiknya merencanakan sedemikian rupa sebelum melakukan penjualan. Jika dirasa sudah beres, maka Anda pun dapat menjual rumah tersebut dengan percaya diri sesuai dengan harga yang Anda inginkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel