10 Tips Agar Jantung Anda Tetap Sehat dan Kuat

Jantung Anda merupakan organ yang sangat penting dan sangat berharga dalam tubuh Anda. Saat Anda sedang beraktivitas maka jantung dalam tubuh Anda akan bekerja dua kali lebih cepat dari biasanya. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan asupan energi dan oksigen yang dibutuhkan dalam tubuh  saat melakukan aktivitas keseharian anda. Saat Anda sedang beristirahat, maka kinerja jantung Anda tidak ikut beristirahat. Namun, jantung akan tetap terus bekerja untuk memompa darah untuk menyalurkan  asupan nutrisi dan oksigen yang di butuhkan oleh organ tubuh Anda yang lainnya. Menjaga agar jantung Anda tetap sehat dan kuat sebenarnya tidaklah sulit, beberapa tips agar jantung Anda sehat dan kuat akan Saya jabarkan pada artikel ini.

Tugas Anda yang terpenting adalah terus menjaga organ tubuh yang satu ini agar tetap sehat dan kuat serta menghindarinya dari serangan berbagai macam penyakit.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang telah banyak menelan korban. Banyak penyebab dari seseorang yang menderita penyakit jantung, salah satunya adalah kebiasaan hidup yang tidak sehat, seperti pola hidup yang tidak terarut dan kurang berolahraga. pola makan yang tidak teratur juga menjadi salahsatu penyebab penyakit jantung. Hal ini dikarenakan pola makan yang buruk akan menghasilakan  lemak yang dapat mengakibatkan penyumbatan pada saluran pembuluh darah dan dapat terkena resiko penyakit jantung.

jantung anda tidak akan pernah berhenti bekerja untuk memompa darah ke seluruh organ tubuh lainnya. Akan tetapi pada sebagian orang, kinerja dari otot jantung ini akan menurun dan melemah saat memompa darah seluruh tubuh. kondisi ini disebut sebagai penyakit lemah jantung. Namun jangan khawatir, ada berbagai cara Agar kondisi jantung Anda tetap sehat dan kuat secara alami.


Tips Agar Jantung Anda Tetap Sehat dan Kuat


Tips Jantung Sehat

Berikut adalah beberapa Tips untuk menjaga agar jantung Anda tetap sehat dan kuat:

1. Berolahraga yang teratur dan banyak mengkonsumsi air putih


Berolahraga yang teratur merupakan salah satu cara untuk memperkuat jantung secara alami. Semakin banyak anda melakukan gerakan saat berolahraga maka akan semakin cepat jantung Anda harus bekerja untuk mengimbanginya. Maka dengan berolahraga dapat membuat tubuh dan jantung Anda akan tetap sehat dan kuat dengan sendirinya dan secara alami.

Berolahraga secara rutin 2 sampai 3 kali seminggu dengan rentang 30-60 menit merupakan satu tips yang sangat ampuh untuk menjaga agar jantung tetap sehat dan kuat.

Selain memperkuat jantung, olahraga yang teratur juga di kenal dapat mengobati penyakit diabetes, menurunkan berat badan, dan dapat meningkatkan kebugaran organ tubuh yang lainnya. Olahraga yang teratur sangatlah mudah dilakukan. Anda dapat melakukan olahraga rutin dengan berjalan kaki dengan kecepatan kosntant selama 3 menit dan berjalan lebih cepat selama 1 menit. Maka dengan demikian olahraga tersebut dapat menaikkan dan menurunkan kinerja detak jantung Anda.  Sehingga dengan sendirinya dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, membakar kalori, dan menjadi lebih efisien dalam pembersihan tubuh dari gula dara dan lemak yang menumpuk.

Anda tidak perlu latihan terlalu berat. Anda dapat melakukan jogging, senam, bersepeda atau bahkan hanya jalan-jalan cepat di pagi hari saja sudah cukup untuk membantu jantung agar selalu tetap dalam kondisi yang sehat dan prima.

Konsumsilah  air putih secara teratur, cara ini dapat menjaga jantung tatap sehat dan kuat. Anda dapat mengkonsumsi lima gelas air putih setiap hari. Dalam banyak studi, dinyatakan bahwa pria yang mengkonsumsi air sebanyak 8 ons setiap hari, kemungkinan akan terkena serangan jantung fatal akan lebih kecil 54% dibandingkan dengan orang-orang yang hanya mengkonsumsi air putih yang lebih sedikit. Dalam penelitian lainnya menyatakan bahwa air putih dapat mengencerkan darah, sehingga dapat mencegah pembekuan di saluran pembuluh darah.

 2. Mengonsumsi lemak baik

Lemak baik umumnya terdapat dalam lemak tak jenuh yang baik untuk jantung Anda. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah, dapat menjaga ritme detak jantung agar tetap stabil dan mengurangi risiko peradangan.

Sedangkan lemak yang jahat dapat membuat atau meningkatkan kolesterol jahat dalam darah dan tubuh Anda. Kolesterol ini akan terakumulasi dan menumpuk dalam darah dan saluran pembuluh darah Anda dan  akhirnya terjadi penumpukan pada jantung Anda. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, maka Anda dapat mengkonsumsi lemak baik yang bisa anda peroleh dari segala jenis  kacang-kacangan, alpukat, dan biji-bijian.

 

3. Mengurangi mengkonsumsi garam

Berlebihan konsumsi dalam garam dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, selalu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Juga perhatikan label pada pada cemilan dan makanan olahan lainnya. Jika makanan yang mengandung 1.5g garam atau sekitar 0.6g natrium, usahakan untuk menghindari agar tidak mengonsumsinya.

Tidaklah semua makanan ringan dapat membahayakan kesehatan jantung Anda. Akan tetapi beberapa makanan ringan tidak sehat untuk dikonsumsi seperti aneka keripik atau makanan yang digoreng dapat membahayakan kesehatan jantung dan tubuh Anda. Jika Anda tergolong orang yang menderita lemah jantung maka ada sebaiknya anda segera berhenti dari hobi mengonsumsi makanan ringan yang tidak sehat tersebut. Sebaliknya anda dapat mengganti makanan ringan yan tidak sehat tersebut dengan beberapa jenis cemilan yang sehat seperti potongan buah, aneka sayuran rebus, pop corn, kacang panggang, ataupun keripik buah.

Kandungan garam pada makanan juga sangat diperlukan di dalam tubuh kita. Tetapi hanya dalam jumlah yang sedikit, garam diperlukan untuk mengatur kandungan air dalam tubuh kita.

Jika berlebihan, dapat membuat tubuh sulit untuk menyeimbangkan natrium berlebih yang terdapat dalam garam tersebut. Kondisi yang demikian juga bisa meningkatkan kapasitas darah dalam tubuh, sehingga membuat jantung bekerja ekstra keras untuk darah ke seluruh tubuh sehingga jantung akhirnya akan mengalami kerusakan.

Hendaknya melakukan pembatasan konsumsi garam per orang tiap harinya. Menurut saran dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia, adalah 2000 miligram natrium/natrium atau 5 gram garam (1 sdt).


4. Batasi Asupan Gula


Gula sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai sumber energi. Namun, jika berlebihan dalam mengonsumsinya akan dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Hal ini penting untuk membatasi asupan gula setiap hari. Mengikuti nasihat dari Kementerian Kesehatan Republic  Indonesia,  bahwa asupan gula per orang tiap harinya sebanayk  50 gram atau setara 4 sendok makan gula.

 

5. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi berupa sayur dan buah


Apa yang kita makan menentukan kondisi kesehatan tubuh Anda. Jantung memiliki fungsi memompa darah untuk mendistribusikan oksigen dan nutrisi dari makanan yang kita makan ke seluruh tubuh bagian tubuh termasuk ke jantung kita sendiri. Jika Anda ingin menguatkan jantung Anda, maka Anda harus lebih sering mengonsumsi makanan yang bernutrisi seperti sayuran hijau dan segar.

Di dalam buah-buahan dan sayuran ada banyak mineral dan nutrisi yang dapat memberikan perlindungan ke jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau dan segar seperti brokoli, bayam, dan sayuran lainnya dan jangan lupa menambahkan buah-buahan seperti apel atau buah beri untuk menu makanan Anda sehari-hari.

 

6. Perbanyak konsumsi gandum dan Ikan


Gandum dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk jantung dan dapat memperkuat jantung secara alami.  Anda dapat memulai hari Anda dengan mengonsumsi sarapan oat meal yang diolah dari gandum utuh, dan juga mengakhiri hari anda dengan makan oat meal sebagai makan malam. Selain oat meal, gandum utuh juga dapat Anda konsumsi dalam bentuk olahan roti gandum. Anda juga dapat membuat sandwich dari roti gandum dengan menambahkan sayuran.


Berbagi jenis Ikan dikenal sangat baik untuk kesehatan jantung Anda dan dapat memperkuat jantung secara alami. salah satu contohnya adalah ikan tuna dan ikan salmon. Kedua ikan ini memiliki tingkat kandungan omega 3 yang sangat tinggi dan juga tidak seperti jenis makanan laut lainnya. iIkan tuna dan ikan salmon tidak memiliki lemak yang dapat menyebabkan terbentuknya kolesterol jahat dan juga menyebabkan tekanan darah tinggi dalam tubuh Anda.

Jenis ikan yang mengandung lemak seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan lele, ikan patin, atau ikan tuna yang kaya akan asam lemak omega-3. Cobalah untuk mulai rutin mengkonsumsi jenis ikan ini setidaknya 2 kali dalam seminggu agar jantung Anda tetap sehat dan kuat.

 

7. Usahakan makan tepat waktu 


Jika anda memiliki kebiasaan selalu tidak sarapan di pagi hari, maka segeralah hentikan kebiasaan buruk tersebut untuk menjaga jantung Anda tetap dalam kondisi sehat dan kuat. Jantung anda merupakan organ vital yang selalu bekerja setiap saat tanpa istrahat. Bahkan saat anda sedang tidur atau beristirahat, jantung Anda akan ttetap erus bekerja. Untuk memompa darah maka otot – otot jantung Anda juga selalu membutuhkan energi.

Sedangkan energi ini di dapatkan dari hasil pembakaran makanan yang Anda konsumsi. Dengan seringnya Anda lalai  makan tepat waktu maka tubuh Anda tidak mendapatkan energi yang dibutuhkan sehingga jantung Anda pun akan ikut melemah. Jadi salah satu cara untuk mendapatkan jantung yang sehat dan kuat adalah dengan selalu makan tepat pada waktunya.

 

8. Mengendalikan emosi dan stress


Perasaan stress dan tegang  dapat dipicu oleh kondisi emosi yang tidak stabil. Saat Anda sedang emosi ataupun stress maka kondisi jantung Andapun akan berdetak sangat cepat. Oleh karena kinrja detak jantung yang sangat cepat ini sangat tidak baik bagi kesehatan Anda karena dapat mengakibatkan aritmia detak jantung yang tidak stabil. Untuk memperkuat jantung Anda, maka selalu mengendalikan pikiran dan emosi Anda agar jangan sampai terjadi stress.

Kondisi yang terlalu stress dapat meningkatkan tekanan darah dan menaikkan kadar kolesterol dalam darah. Bahkan dalam banyak studi penelitian disebutkan bahwa stress merupakan salah satu penyebab penyempitan arteri pembuluh darah yang memperburuk kondisi jantung. Dengan meluangkan waktu untuk bersantai sejenak, kondisi jantung, tubuh dan pikiran Anda akan menjadi lebih tenang. Selain itu, Anda juga dapat melakukan olahraga ringan, seperti melakukan meditasi maupun yoga. Anda juga dapat mengurangi stress dengan cara bersosialisasi, saling bertukar pendapat dan mengobrol dengan orang-orang di sekeliling Anda.

 

9. Menghentikan kebiasaan buruk



Jika anda sering mengalami stress, janganlah mengalihkannya dengan cara yang salah seperti minum minuman keras, memakai nark0ba, mer0k0k atau mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan sehingga dapat menyempitkan saluran pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah Anda. Tentu saja hal ini memiliki efek secara langsung pada memburuknya kesehatan tubuh dan jantung Anda.

Karena semua kebiasaan buruk tersebut dapat menebabkan kerusakan pada tubuh Anda termasuk berpenganruh terhadap kinerja jantung. Sebaiknya segeralah menghentikan kebisaan buruk tersebut agar jantung Anda tetap sehat dan kuat.

Untuk  per0k0k tips yang satu ini pastilah sangat sulit untuk meninggalkannya. Akan tetapi, jika ingin agar jantung Anda sehat dan kuat, maka tak ada pilihan lain. Segeralah Berhenti mer0k0k, karena tentunya juga lingkungan keluarga Anda juga akan sehat.

Ada ribuan bahan kimia dalam rokok yang hampir semuanya tergolong berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahan kimia beracun yang terkandung dalam r0k0k dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga mengakibatkan organ-organ tubuh termasuk jantung akan kekurangan oksigen dan sel darah.

Untuk itu segeralah menjauhilah rokok, cintailah diri Anda sendiri, keluarga dan orang-orang di sekitar lingkungan Anda. Tidak ada manfaat yang Diperoleh dari kebiasaan buruk ini, selain dapat mendatangkan berbagai macam penyakit dan juga memiliki  efek negatif lainnya.

 

10. Berkonsultasi dengan dokter


Jika Anda termasuk salah satu penderita penyakit lemah jantung, jangan lupa untuk segera mengkonsultasikan kondisi kesehatan Anda pada dokter ahli jantung. Penyakit lemah jantung ini tidak berbahaya pada awalnya, akan tetapi jika Anda membiarkannya begitu saja maka hal tersebut dapat membahayakan hidup anda. Dokter juga memberikan beberapa tips agar jantung Anda tetap sehat dan kuat.

Tekanan darah, kolesterol total, dan gula darah adalah beberapa indikator kesehatan jantung yang harus dipertimbangkan.

Periksakan diri Anda ke dokter ahli jantung untuk mengetahui nilai setiap indikator-indikator tersebut. Jika ternyata hasilnya berada di luar batas normal, maka segera membuat  perubahan pola hidup Anda.

Kondisi stress telah menjadi suatu masalah yang luar biasa. maka jangan ragu untuk berkonsultasi ke ahli jantung agar jantung Anda tetap sehat dan kuat. Jangan lupa untuk lebih mendekatkan diri pada Allah Subhana Wataa'la dengan memperbanyak ibadah dan zikir.

Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan di bagikan agar lebih banyak lagi manfaatnya kepada orang yang membutuhkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel