Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak - Flashdisk adalah media penyimpanan praktis dan kecil. Media penyimpanan ini adalah jenis penyimpanan atau media penyimpanan yang mempunyai banyak pengguna di Indonesia. Perangkat ini mampu menyimpan berbagai data, bahkan dalam ukuran besar, selama kapasitasnya masih memadai.

Tidak mengherankan, jika banyak pengguna mengandalkan perangkat ini untuk menyimpan data penting mereka, mungkin termasuk Anda. Sayangnya, perangkat ini juga rupanya rentan terhadap kerusakan. Namun, jangan khawatir, karena permasalahan yang terjadi di flashdisk dapat diatasi.

Sebelum membahas lebih lanjut, Harap dicatat bahwa ada beberapa penyebab yang membuat flashdisk menjadi rusak. Kerusakan flashdisk dapat dipicu dari beberapa hal. Seperti virus, atau karena rusak fisik atau tak terbaca. Beberapa diantaranya disebabkan karena sering dicabut secara paksa dari komputer, sehingga flashdisk tersebut tidak bisa terbaca lagi. Ada juga flashdisk yang tiba-tiba error sehingga tidak bisa diformat lagi. Jika sudah error atau tidak bisa terbaca lagi, pasti Anda akan memiliki masalah besar.

Kedua masalah ini dapat diatasi dengan beberapa trik. Tetapi jika flashdisk terendam air, maka langkah-langkah yang diambil sedikit berbeda.




Cara memperbaiki flashdisk yang rusak




Bayangkan saja, jika ada file penting dalam flashdisk, misalnya saja tugas sekolah yang sangat penting atau tugas kuliah. Tentu saja, Anda harus membuat file lagi. Anda masih beruntung jika file tersebut memiliki back up. Namun jika tidak, Hal tersebut akan sangat merepotkan dan harus membuatnya lagi. Baik kali ini saya akan berbagi tips tentang cara untuk memperbaiki flashdisk rusak sehingga Anda dapat menyimpan file Anda.
Masalah ini akan dijelaskan secara penuh di bawah ini.


Bagaimana Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak?


Flashdisk perangkat sudah tidak asing. Banyak telah menggunakannya untuk membuat cadangan file. Bahkan sebagai penyimpanan portabel jika Anda ingin mengeksekusi file di tempat-tempat tertentu. Namun, fenomena yang sering terjadi adalah bahwa kadang-kadang flashdisk tiba-tiba tidak terbaca oleh perangkat seperti komputer atau laptop tanpa alasan yang diketahui. Penyebab flashdisk rusak yang paling sering adalah adanya virus di dalam flashdisk tanpa disadari oleh penggunanya. Untuk itu, sedikit trik atau cara untuk memperbaiki sebuah flashdisk yang rusak dengan langkah-langkah mudah. Ingin tahu bagaimana? Ayo ikuti langkah-langkah memperbaiki flashdisk yang rusak berikut ini.

Ada beberapa step untuk memperbaiki sebuah flashdisk yang rusak. Berikut ini adalah langkah-langkah:


Cara pertama memperbaiki flashdisk yang rusak:



  • Menghubungkan flash drive ke port USB pada komputer atau laptop
  • Klik Start menu, lalu Run, kemudian tekan Enter
  • Setelah itu ketikkan "compmgmt.msc"
  • Setelah itu jendela program akan muncul "compmgmt" kemudian klik program
  • Selanjutnya, Anda pilih menu "Storage" di bagian tengah, lalu pilih menu "Disk Management"
  • Jika langkah-langkahnya dilakukan dengan benar, biasanya flashdisk Anda akan terdeteksi lagi
  • Kemudian klik kanan dan pilih menu"Create Partition"
  • Setelah itu lakukan format flashdisk, dengan mengklik kanan, lalu memilih "Format"

Catatan: Jika Anda memilih menu Format, semua data dalam flashdisk akan secara otomatis menghilang. Jadi pertimbangkan dengan hati-hati bila Anda ingin memformat flashdisk. Pastikan Anda memiliki file cadangan.


Cara kedua memperbaiki flashdisk yang rusak:


Pada cara ke dua ini untuk memprbaiki sebuah flashdisk yang rusak dengan menggunakan alat Format tingkat rendah HDD  "Low Level Format". Dengan menggunakan tools ini, ada kemungkinan bahwa flashdisk rusak akan mudah untuk diperbaiki.

Bagaimana cara  memperbaiki flashdisk yang rusak menggunakan HDD "Low Level Format" merupakan cara yang nampaknya agak ekstrem. Langkah-langkah adalah sebagai berikut:

  • Pasang di flashdisk di komputer atau laptop
  • Kemudian men-download perangkat lunak yang disebut "HDDGURU Low Level Format" (silahkan serching di google untuk mendapatkan tools tersebut)
  • Menginstall program yang telah di download kemudian "Run As Administrator" untuk Windows Vista / 7/8
  • Pilih USB, kemudian klik opsi Lanjutkan "Continue"
  • Setelah proses install selesai, Anda dapat memformat flashdisk dengan cara format seperti biasa.



Cara ketiga memperbaiki flashdisk yang rusak:



  • Hubungkan flashdisk ke komputer atau laptop
  • Kemudian, Anda membuka menu "Control Panel"
  • Setelah itu, klik opsi menambahkan perangkat keras "Add Hardware"
  • Kemudian pilih menu berikutnya
  • Kemudian pilih aku sudah terhubung hardware “Yes, I have already connected the hardware”
  • Jika Anda USB atau flashdisk telah terdeteksi, Autorun menu akan muncul, dan pernyataan bahwa USB flashdisk mendukung sambungan yang lebih cepat
  • Ini disertai dengan munculnya "Removable Hardware" dan kemudian drive baru akan muncul dalam Windows Explorer, atau My Computer
  • Jika ini telah muncul, maka proses memperbaiki flashdisk rusak dalam langkah ini akan tidak lagi dilanjutkan. Klik "Cancel" pada tampilan berikutnya



Baca juga: Cara Mengatasi Hp Android Sering Restart Sendiri Dengan Mudah



Cara untuk memperbaiki flashdisk yang terkena air



Jika flashdisk Anda rusak karena tersiram atau terendam air, maka Anda tidak dapat menggunakan metode sebelumnya. Cara untuk memperbaiki flashdisk yang terkena air ini agak sedikit berbeda. Anda jangan terlalu khawatir jika flashdisk Anda terkena air. Anda dapat memperbaikinya dengan mudah.

Bahkan, ada kemungkinan tidak hanya flashdisk Anda dapat terbaca kembali, akan tetapi juga data dalam flashdisk Anda kemungkinan masih bisa diselamatkan. Berikut ini adalah langkah-langkah:


Tetap tenang dan jangan panik

Karena flashdisk Anda mungkin terkena air maka akan membuat Anda panik. Terutama jika Anda menyimpan berbagai data penting di dalam flashdisk. Anda perlu untuk tetap tenang bahkan jika flashdisk Anda di kantong celana yang dicuci kemudian adalah pergi tanpa menyadarinya. Tidak perlu khawatir tentang hal ini.


Keringkan flashdisk yang masih basah tersebut

Flashdisk yang terkena air atau bahkan tenggelam di air, maka lakukan pengeringan flashdisk tersebut. Usahakan pengeringan sampai betul-betul kering. Jemur dibawah terik matahari. Dengan cara ini, Anda flashdisk akan terhindar dari korslet.

Langkah ini dapat dapat Anda lakukan juga pada perangkat elektronik lainnya. Misalnya, jika monitor terkenal air, Anda dapat mengeringkan, atau setidaknya Anda tidak menggunakannya sampai benar-benar kering.


Tidak terhubung ke komputer

Selama flashdisk masih basah, Anda tidak boleh mencoloknya di komputer atau laptop. Jika Anda melakukannya, maka flashdisk Anda akan rusak karena korsleting arus listrik. Bersabarlah selama proses pengeringan selesai setidaknya 180 menit atau sampai flashdisk benar-benar kering.


Lakukan pengetisan di komputer

Setelah kering, Anda bisa pasang flashdisk Anda pada komputer. Lakukan pengujian apakah flashdisk Anda terdeteksi atau tidak. Jika terdeteksi, maka Anda perlu menyalin data yang ada di flashdisk tersebut. Langkah membackup data ini sangat penting. Tidak menutup kemungkinan, jika flashdisk Anda akan rusak sepenuhnya di kemudian hari.

Yang penting bahwa Anda sudah dapat merasa lega karena data penting Anda sudah dapat terselamatkan. Mudah-mudahan juga flashdisk Anda tidak rusak di kemudaian hari. Jika dalam tes ini, flashdisk Anda belum dibaca juga, Anda dapat melakukan langkah-langkah yang dijelaskan sebelumnya.

Demikianlah langkah-langkah atau cara memperbaiki flashdisk yang rusak, baik rusak karena tidak terbaca atau karena kerusakan lainnya. Mudah-mudahan dengan informasi tentang cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini, solusi untuk masalah flashdisk Anda terselesaikan dengan baik. Anda juga tidak perlu repot-repot membeli flashdisk baru jika flashdisk Anda bisa diselamatkan.

Semoga bermanfaat, Silahkan di share.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel